Resep dan Cara Membuat Kue Red Velvet

Kue Tart Red Velvet

Siapa yang tak kenal dengan sajian lezat kue Red velvet? Kue yang juga dikenal dengan sebutan 'Devil Food's' ini merupakan salah satu inovasi terbaru dari kue bolu. Warna merah menyala di keseluruhan kue dan toping berwarna-warni membuat kue ini begitu diminati. Kue red velvet memiliki ciri khas diantaranya tekstur yang lembut, harum, soft serta cheesy. Umumnya kue ini dibuat pada loyang bulan berukuran besar dan dibagi menjadi 3 lapisan
dimana dibagian tengahnya diberikan selai buah atau cream cheesy yang bercita rasa segar, nikmat dan gurih. Warna merah yang begitu menyala dari kue red velvet berasal dari pewarna alami yakni buah bit, hanya saja untuk sekarang ini ada begitu banyak produk pewarna makanan yang aman dan bisa digunakan untuk membuat warna kue ini semakin menggoda. Kue red velvet umumnya banyak dipilih untuk disajikan sebagai kue ulang tahun, sajian ketika perayaan atau hadiah manis dari seorang pasangan. Namun boomingnya kue ini ke permukaan publik diawali dari sebuah film yang dibintangi oleh aktris kawakan sekelas Julia Roberts dalam film Steel Magnolias. Dalam film itu, red velvet muncul saat adegan pengantin pria membawakan kue ini untuk isterinya. Sejak saat itulah kue ini booming ke permukaan sebagai kue romantis yang tersaji begitu ekslusive. Nah, bagi anda yang juga hendak memberikan sajian kue ekslusive red velvet untuk pasangan, teman atau sahabat. Mengapa anda tidak mencoba membuatnya sendiri? Tentu dengan resep kali ini anda akan dapat membuat hidangan kue red velvet yang lembut dan juga nikmat. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini. 

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Red Velvet :
- 160 g mentega tawar 
- 1/8 sdt vanilla ekstrak 
- 2 sdm pewarna makanan gel merah / 200 g bit
- 4 butir telur ayam
- 400 g gula pasir
- 1/8 sdt garam rebus
- 20 ml buttermilk
- 1 sdm air jeruk lemon 

 Bahan yang diayak Bersama :
- 400 g tepung terigu
- 1½ sdt baking powder
- 2 sdm cokelat bubuk
- ½ sdt soda kue Frosting keju, 

kocok bersama:
- 250 g cream cheese, lunakkan di suhu ruang
- 350 ml krim kental, dinginkan.
- 250 g keju mascarpon
- 100 g gula halus
- ½ sdt ekstrak vanilla 

Cara Membuat Kue Red Velvet :
1. Pertama kita buat frosting terlebih dahulu caranya, kocok krim kental menggunakan mixer hingga menjadi kaku. Kemudian sisihkan terlebih dahulu. Dalam wadah berbeda kocok cream cheese dan gula higga menjadi mengembang. Masukkan mascarpone dan vanila kemudian aduk hingga merata. Masukkan krim, aduk lipat perlahan dan dinginkan. 
 2. Selanjutnya untuk membuat cake kita kocok mentega serta gula menggunakan mixer hingga menjadi mengembang. Masukkan telur secara perlahan sambil terus diaduk. Masukkan buttermilk, air jeruk, pewarna dan vanila kemudian kocok merata. 
 3. Masukkan bahan kering, aduk lipat menggunakan spatula karet. Kemudian tuangkan adonan ke dalam 3 buah loyang dengan ukurang diameter 22 cm tinggi 5 cm yang sebelumnya telah diolesi dengan mentega. 
4. Kemudian panggang adonan dalam oven selama kurang lebih 20 menit dalam suhu 180 derajat. 
5. Iris tipis permukaan kue dengan pisau tajam. Ambil frosting kurang lebih 10 sendok makan dan ratakan dibagian permukaannya. Tangkup dengan sisa kue kemudian berikan kembali frosting . 
 6. Terakhir tutup semua permukaan dengan frosting dan siap disajikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar